FGD Sinergi Pemangku Kebijakan Untuk Penguatan Kewirausahaan Anak Muda dan Pencegahan Perkawinan Anak

38

FGD sinergi pemangku kebijakan untuk penguatan kewirausahaan anak muda dan pencegahan perkawinan anak diselenggarakan pada hari Jum’at, 19 Maret 2021 di Hotel Whiz Prime Bandarlampung. Melibatkan stakeholder Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Propinsi Lampung dan Kota Bandarlampung, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandarlampung dan Propinsi Lampung, Dekranasda Propinsi Lampung, Lamban Batik Lampung, Ramones Art, Batik Siger dan perempuan muda Mulead Lampung.

Dibuka oleh Ibu Rianasari Arinal Ketua TP PKK Propinsi Lampung juga ketua dekranasda Propinsi Lampung.

  • Faktor penyebab kemiskinan adalah banyaknya jumlah anak yang putus sekolah serta banyaknya yang melakukan perkawinan anak.Penguatan ekonomi perempuan khususnya generasi muda melalui kewirausahaan di sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan ketahanan keluarga dan misi ekonomi.
  • Pemerintah propinsi melalui Ketua TP PKK telah mendirikan Lamban Batik Lampung diharapkan menjadi pusat promosi tetapi juga sebagai pusat pelatihan dan pemahaman
  • FGD pagi ini diharapkan  mendapat rekomendasi dan upaya-upaya yang kita lakukan kedepan untuk memperkuat kewirausahaan perempuan muda sebagai upaya pencegah perkawinan anak.

Peluang Program Penguatan Kewirausahaan anak muda

  • Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Lampung menyarankan untuk perempuan muda yang sudah memiliki usaha untuk mengurus surat izin usahanya, supaya terdaftar di dinas Koperasi dan UMKM sehingga otomatis menjadi binaan dinas Koperasi Privinsi Lampung dan bisa mendapatkan fasilitas permodalan, pelatihan dan lain-lain. Dinas Koperasi memiliki 7 konsultan disana untuk menangani keluhan seperti pemasaran, permodalan, kerjasama, IT, SDM, Kelembagaan dan memiliki website yang digunakan sebagai market place untuk produk UMKM
  • Bagi yang mempunyai bisnis kuliner bisa bergabung dengan AGASI, disana ada pengusaha-pengusaha kuliner, restoran dan jaringannya sudah cukup banyak dan luas. (Dinas P3A Propinsi Lampung)
  • DAMAR dapat melakukan kerjasama dengan Dekranasda untuk pelatihan kerajinan khususnya batik. Perlu memasukkan database untuk melihat adik-adik yang berpotensi akan ditindak lanjut untuk menjadi binaan dekranasda/lamban batik
  • Dinas P3A Kota Bandarlampung dapat membangun kerjasama dengan DAMAR, apabila ada pelatihan-pelatihan untuk perempuan muda, sementara kami masih ke ibu-ibu muda karena kekerasan KDRT yang banyak terjadi seperti saat ini lebih dipicu dengan ekonomi, kemiskinan menjadi salah satu pemicu terjadi kekerasan.
  • DAMAR bisa koneksikan dengan pusat badan ekonomi kreatif, ke dinas-dinas yang membidangi ekonomi kreatif