Damar Dorong Kartini Lampung Cegah Persebaran Virus Corona

130

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR mendorong seluruh kelompok perempuan untuk mampu menghadang penyebaran virus corona (Covid-19).

Hal tersebut diungkap Direktur Damar Sely Fitriani dalam rilis yang diterima Tribunlampung.co.id, Jumat (24/4/2020).

Rilis dengan judul Kartini-kartini Lampung Bergerak untuk Pencegahan dan Respon Cepat Penyebaran Virus Corona/Covid-19 tersebut membunyikan bahwa sangat penting seluruh kelompok perempuan dampingan dan keluarga/rumah tangga untuk mampu menghadang penyebarannya.

Untuk menjawab hal tersebut Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR sebelumnya telah melakukan rangkaian pendidikan kritis dengan jumlah peserta terbatas di tingkat kader utama.

Selain kader utama DAMAR, ikut serta pula Forum Komunitas Perempuan Akar Rumput, Forum Multi Stakeholder dan Forum Perempuan Muda.

“Agar mereka dapat meneruskannya di lapang dengan jangkauan lebih luas tetapi tetap dalam kelompok-kelompok kecil sesuai protocol standar kesehatan. Penting pula untuk kita bergerak lebih cepat dari Virus corona, menyebar dalam kelompok kecil untuk menyadarkan, menyebar informasi yang benar untuk pengetahuan, berbagi keterampilan dan terlibat dalam gerakan gerakan mencegah penularan dan merespons kasus kasus kesehatan di komunitas,” tulisnya.

Menurutnya, kader yang telah di didik diharapkan mampu menyampaikan informasi yang lebih sederhana, terampil untuk melakukan upaya pencegahan penularan covid 19 bersama kelompok perempuan di wilayahnya, bahkan memberikan respons cepat ketika ada anggota keluarga/rumah tangga dan komunitas yang tertular.

Diketahui, kegiatan yang dimaksud diatas diselenggarakan pada 1 April hingga kemarin (23 April 2020) di empat kabupaten/kota.

“Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur dan Tanggamus, juga melibatkan Narasumber dari Tenaga Kesehatan, yaitu Dr. Hotmen Sijabat, Sp.PD (Spesialis Penyakit Dalam), dr Boy Zaghlul Zaini, M.KES dan Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Institut Teknologi Sumatera (ITERA),” katanya.

Upaya-upaya lain disebutkannya dalam rangka pencegahan penularan virus corona/covid 19. Salah satunya dengan pembuatan masker massal.

“Sejak pandemi ini melanda, kebutuhan masker terus meningkat. Sementara jumlah stok yang ada tidak mencukupi kebutuhan masyarakat yang begitu besar. Disisi lain, WHO merekomendasikan bahkan mewajibkan masyarakat selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali untuk mencegah penularan dan penyebaran covid-19,” bebernya.

“Pembuatan masker massal ini akan dilakukan oleh anggota kelompok dampingan, sekaligus untuk mengembangkan usaha industri rumahan yang dikelola untuk kelompok perempuan akar rumput di tingkat kabupaten/kota dampingan Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR. 1.000 lebih masker ini nantinya akan didistribusikan ke kelompok perempuan miskin kota oleh pengurus/guru kader di wilayah masing-masing,” tukas dia. (Tribunlampung.co.id/V Soma Ferrer)

Sumber : https://lampung.tribunnews.com/2020/04/24/damar-dorong-kartini-lampung-cegah-persebaran-virus-corona